Statistik Penjualan Tiket Melalui Diksi Dalam Pelayanan Penumpang Sistem Online Pada Pt. Dharma Lautan Cabang Utama Banjarmasin Selama Pandemi Covid-19

Authors

  • Hidayati Desy Akademi Maritim NusantaraBanjarmasin, Indonesia
  • Juhrani Juhrani Akademi Maritim NusantaraBanjarmasin, Indonesia
  • Irnita Rosariasanti Akademi Maritim NusantaraBanjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54315/jpj.v1i1.3

Keywords:

Statistik penjualan tiket, diksi, sistem online.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana Statistik penjualan tiket online pada PT. Dharma Lautan Utama Cabang Banjarmasin selama Pandemi Covid 19. (2) Untuk mengetahui jenis diksi yang dipergunakan pada pelayanan penjualan tiket kapal penumpang sistem online pada PT. Dharma Lautan Utama Cabang Banjarmasin. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati dengan tujuan untuk mendeskripsikan diksi yang digunakan pada pelayanan penjualan tiket online pada PT Dharma Lautan Utama Cabang Banjarmasin. Berdasarkan hasil penelitian selama pandemi ini PT Dharma Lautan Utama cabang Banjarmasin mengalami penurunan jumlah penumpang sehingga penjualan tiket pun juga mengalami penurunan.  Pada penggunaan yang ditemukan yaitu pada kata kongkret tersebut hal yang dilakukan pada saat interkasi baik di luar kantor maupun di dalam, pada kejadian berupa wawasan dan informasi maka, ada bukti yang dibocarakan berdasarkan pada hasil survey serta tindakan, salah satunya pada saat pelayanan penjualan tiket kapal penumpang melalui onlien, ada hal yang dilihat dari segi kasus salah satunya adalah adanya pandemi covid, dengan demikian, hal yang dilakukan adalah pelayanan melalui onlie, hal ini berutjuan untuk tetap meningkatkan pelayanan, serta jalur transfortasi melalui tiket online tersebut., hal tersebut justru dengan bahasa kongkrit menyesuaikan dengan keadaan pada pelayanan tiket online demi kenyamaanan calon para penumpang. Jenis kata kongkret yang dituturkan oleh pegawai di PT Dharma Lautan cabang Banjarmasin sesuai pada kejadian, kasus, suasana dan kadang melonjaknya tiket pada saat musim tertentu. Dengan demikian diksi pada kata kongkret yang ditumbulkan pun menjadi salah satu informasi untuk para penumpang. kata umum merupakan kata sebagai cakupan arti yang luas yang mana kata tersebut sering dipakai oleh masyarakat pada umumnya.

Published

2021-08-27 — Updated on 2021-08-30

Versions

How to Cite

Desy, H. ., Juhrani, J., & Rosariasanti, I. (2021). Statistik Penjualan Tiket Melalui Diksi Dalam Pelayanan Penumpang Sistem Online Pada Pt. Dharma Lautan Cabang Utama Banjarmasin Selama Pandemi Covid-19. Pena Jangkar, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.54315/jpj.v1i1.3 (Original work published August 27, 2021)

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)