SISTEM MANAJEMEN OPERASIONAL KEAGENAN KAPAL PADA PT. ANUGERAH MAHADAYA NUSANTARA

Authors

  • Irnita Rosariasanti Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin
  • Hadiansyah Hadiansyah Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin
  • Amelia Puspita Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.54315/penajangkar.v3i1.70

Keywords:

Manajemen Operasional, POAC, Sistem

Abstract

Sistem adalah suatu elemen atau komponen-komponen yang saling berinteraksi dan berhubungan satu sama lain untuk mencapai tujuan yang sama agar terbentuk suatu struktur yang terintegritas. Manajemen Operasional (MO) merupakan rangkaian kegiatan atau aktifitas yang menciptakan nilai produk baik berupa barang maupun jasa melalui proses transformasi input menjadi output. Manajemen operasional merupakan bagian manajemen yang erat kaitannya dengan mengawasi, merancang, dan mengendalikan kegiatan produksi. Selain itu, manajemen ini bertugas mengendalikan kegiatan produksi dan proses perbaikan strategi kegiatan bisnis dalam hal produksi barang dan jasa. Manajemen operasional yang dimilik PT. Anugerah Mahadaya Nusantara adalah mengendalikan dalam jasa pelayanan keagenan kapal untuk menangani kedatangan dan keberangkatan kapal. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam manajemen operasional yaitu menerapkan sistem (POAC) planning, organizing, actuating, dan controlling dalam manajemen operasional, pada PT. Anugerah Mahadaya Nusantara di dapatkan informasi yang sama mengenai sistem manajemen yang saling berhubungan satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan.

Metode penelitian Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, penelitian kualitatif yaitu, penelitian yang tidak menggunakan perhitungan atau diistilahkan dengan penelitia ilmiah yang menekankan pada karakter alamiah sumber data. Sedangkan penelitian kualitatif adalah proses penyelidikan pemahaman berdasarkan tradisi metodologis berbeda dari penyelidikan yang mengeksplorasi masalah sosial atau manusia. Peneliti membuat gambaran yang kompleks dan holistic, meganalisis kata, melaporkan tampilan informasi secara detail, dan melakukan penelitian dalam suasana alami. Peneliti menggunakan beberapa metode tertentu dalam pengumpulan data yang tersusun secara sistematis sesuai dengan tujuan penelitia sepeti teknik pengumpulan data dengan cara mengamati dan melihat kasus yang harus di teliti secara langsung di lapangan mengenai hal yang terjadi pada objek penelitian.

Hasil pembahasan mengatasi masalah, dengan implementasi POAC pada manajemen PT. Anugerah mahadaya nusantara setiap masalah baik internal maupun eksternal dapat diselesaikan dengan baik karena adanya kejelasan tugas dan tanggung jawab baik di top manajemen, middle manajemen, dan low manajemen, sehingga terciptaefisien waktu dan biaya yang kemudian berujung pada tercapainya tingkat kepuasan konsumen serta kepercayaan yang tinggi terhadap PT. Anugerah Mahadaya Nusantara.Dengan implementasi POAC terbukti mampu meningkatkan produktivitas perusahaan, baik dari aspek operasional, pemasaran, sumber daya manusia, dan keuangan. Dengan berbagai rencana yang menjadi tujuan dalam sistem manajemen operasional keagenan kapal baik pada perencanaan , pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.

Published

2023-09-30

How to Cite

Rosariasanti, I., Hadiansyah, H., & Puspita, A. (2023). SISTEM MANAJEMEN OPERASIONAL KEAGENAN KAPAL PADA PT. ANUGERAH MAHADAYA NUSANTARA. Pena Jangkar, 3(1), 48–57. https://doi.org/10.54315/penajangkar.v3i1.70

Issue

Section

Articles