ANALISIS ALUR KERJA DAN DOKUMEN PADA BIDANG KEAGENAN DI PT. JALA TRANS SINERGI

Authors

  • Bambang Fry
  • Irnita Rosariasanti AKADEMI MARITIM NUSANTARA BANJARMASIN

DOI:

https://doi.org/10.54315/jpj.v2i1.30

Keywords:

Alur Kerja, Dokumen, Keagenan

Abstract

Perusahaan pelayaran yang menyediakan pelayanan keagenan kapal harus dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik dan benar. Disini agen bertindak sebagai pihak yang mewakili pemilik kapal dalam mempersiapkan segala sesuatu agar kegiatan kapal selama di pelabuhan dapat berjalan sesuai dengan rencana. Agen juga harus mempersiapkan fasilitas dan sebelum kapal tiba dan memastikan kegiatan bongkar muat dapat berjalan dengan baik sehingga dapat memberikan pelayanan sepenuhnya terhadap kepentingan kapal selama di pelabuhan Pada metode penelititian ini adalah metode kualititatif, dengan tujuan untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan, penulis melakukan melakukan langkah-langkah dalam mengumpulkan data melalui Data Primer yang mana Data primer adalah data yang diperoleh dengan melakukan wawancara langsung pada karyawan dan dokumentasi PT. Jala Trans Siner, Sungai danau Hasil pembahasan Alur Latter of appoitment adalah surat penunjuk keagenan yang dikeluarkan oleh pemilik kapal yang ditujukan kepada agen yang ditunjuk.(Sambil menunggu kapal datang). Serta menyiapkan beberapa langkah-langlah sesuai ketentuan yang berlaku, Kemudian agen menuju ke kantor Syahbandar dan membawa beserta surat-surat atau dokemen-dokumen yang di kumpulkan tadi untuk mengurus atau membuat SPB (surat persetujuan berlayar). Dan setelah surat SPB di terbitkan oleh Syahbandar dan diserahkan ke agen maka kapal siap untuk di berangkatkan.

Published

2022-09-05

How to Cite

Bambang Fry, & Rosariasanti, I. (2022). ANALISIS ALUR KERJA DAN DOKUMEN PADA BIDANG KEAGENAN DI PT. JALA TRANS SINERGI. Pena Jangkar, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.54315/jpj.v2i1.30

Issue

Section

Articles