ANALISIS MATH ANXIETY PADA TARUNA TINGKAT I DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI AKADEMI MARITIM NUSANTARA BANJARMASIN

Authors

  • Juhrani Juhrani Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin
  • Kamsariaty Kamsariaty Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.54315/jpj.v1i2.19

Keywords:

Math Axiety, Mathematics Learning

Abstract

Penelitian ini dilakukan disebabkan rendahnya kemampuan Taruna  yang dapat disebabkan oleh faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal, seperti metode dan strategi pembelajaran. Faktor internal, seperti emosi Taruna atau kecemasan terhadap matematika. Penelitian ini hendak mengetahui bagaimana pengaruh kecemasan matematika terhadap keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini dilakukan di di Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan mengambil 2 kelas sebagai sampel. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Rata-rata keterampilan pemecahan masalah matematika taruna adalah taruna yang memiliki kecemasan rendah memiliki skor yang sama dengan taruna yang memiliki kecemasan sedang, dan taruna yang memiliki kecemasan sedang lebih baik daripada taruna yang memiliki kecemasan tinggi, dan taruna yang memiliki kecemasan rendah memiliki skor lebih baik daripada taruna yang memiliki kecemasan tinggi 2) Ada hubungan negatif antara kecemasan dan keterampilan pemecahan masalah 3) Semakin tinggi tingkat kecemasan, semakin rendah pemecahan masalah. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keterampilan pemecahan masalah matematika berdasarkan tingkat kecemasan, ada hubungan antara kecemasan matematika dan keterampilan pemecahan masalah matematika dan ada pengaruh antara kecemasan matematika dan keterampilan pemecahan masalah.

Published

2022-03-07

How to Cite

Juhrani, J., & Kamsariaty, K. (2022). ANALISIS MATH ANXIETY PADA TARUNA TINGKAT I DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI AKADEMI MARITIM NUSANTARA BANJARMASIN. Pena Jangkar, 1(2), 1–5. https://doi.org/10.54315/jpj.v1i2.19

Issue

Section

Articles