ANALISIS BAHASA LISAN DALAM PELAYANAN SURAT MENYURAT KAPAL DI KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN K.S.O.P (KELAS 1) BANJARMASIN

Authors

  • Hidayati Desy
  • Irnita Rosaria Santi Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.54315/jpj.v1i2.20

Keywords:

Bahasa lisan, pelayanan surat dan K,S.O.P

Abstract

Penelitian ini sebagai Kaidah bahasa sebenarnya tidak semata berurusan dengan usaha menggambarkan lisan ke bentuk tulisan. Dalam konteks pembicaraan ini, baik kita katakan bahwa ejaan adalah sebuah ikhtiar merekam bahasa lisan sepersis mungkin ke bentuk tulisan dan kemudian menatanya sedemikian rupa demi mendapatkan kualitas komunikasi yang efektif, sehingga sangat berpengaruh pada pelayanan. Pelayanan pada dasarnya dapat didefinisikan sebagai aktifitas seseorang, sekelompok atau organisasi baik langsung maupun tidak langsung untuk memenuhi kebutuhan. Tujuan pada penelitian ini Mengetahui  penggunaan bahasa lisan dalam pelayanan surat menyurat kapal menyurat di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan K.S.O.P (Kelas 1)  Banjarmasin, dan Mendeskripsikan penggunaan bahasa lisan dalam pelayanan surat menyurat kapal menyurat di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan K.S.O.P (Kelas 1)  Banjarmasin.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif,  yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar, bukan angka-angka. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati Moleong, (3:2000) Teknik pengumpulan data menurut Arikunto adalah cara-cara yang dapat digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data, di mana cara tersebut menunjukan pada suatu yang abstrak, tidak dapat di wujudkan dalam benda yang kasat mata, tetapi dapat dipertontonkan penggunaannya.

Hasil pembahasan Pelayanan surat menyurat untuk calon penumpang sebagai salah satu kegiatan yang terfokuskan pada penggunaan bahas lisan saat mengurus berkas administrasi tersebut. Pada bahasa lisan sesuai faktor waktu maka bahasa lisan sangat baik dalam  penggunaan Bahasa resmi dalam pelayanan surat menyurat, adapun bahasa resmi menyesuaikan waktu pada pelayanan sehingga di jam istirahat bisa saja menggunakan bahasa resmi lisan dan tidak lisan. Bahasa ,lisan yang digunakan pun sesuai pada dialog dari calon penumpang yang memerlukan syarat sebagai surat-menyurat tersebut.Pada ragam bahasa resmi pafa faktor waktu sebagai salah satu bahasa resmi saat bekerja, bukan hanya untuk pelayanan namun juga untuk menyakinkan bahwa bahasa resmi Indonesia sebagai salah satu Bahasa persatuan dengan banyaknya kegiatan saat dialog lisan dituturkan, salah satunya pada saat diskusi bidang rapat, penyuluhan, seta pelayanan bidang surat-menyurat di K.S.O.P Tersebut.

Author Biography

Hidayati Desy

Di lahirkan di hulu sungai tengah, 9 april 1992. perjalanan pendidikan mulai dari TK di pagatan dengan nama TK Bayangkari, dan dilanjutkan sekolah dasar di SDN Batuah 3 lalu pindah ke banjarmasin saat masih kelas 6 SD. Melanjutkan di SDN Sungai Ramania, hinggga tak terasa SMP , SMP saat sudah pindah kembali Ke Kuin yang ada di Banjarmasin Utara kelurahan kuin utara. tidak jauh ada jalan HKSN Komplek Swadayatani kecamatan  alalak selatan melanjutkan SMPN 21 Banjarmasin, dengan prestasi lomba membaca puisi tingkat provinsi kalimantan selatan tingkat SMP. adapun kejenjangan pendidikan selanjutnya adalah SMA Negeri 12 Banjarmasin, yang sedikit jauh namun masih bisa dilampai dengan beberapa menit dari rumah ke sekolah tersebut. saya melanjutkan kuliah di STKIP PGRI Banjarmasin, dengan lulus kuliah 3,5 th ipk, 3,69, lalu melanjutkan S2 di ULM dengan IPK 3.63. ALHAMDULILLAH sudah menjadi dosen tetap dan ber NIDN serta calon memilliki SK japung, saya juga mengajar menjadi dosen luar biasa di UIN antasari Banjarmasin, dan pengajar tetap di UNISKA jurusan fakultas manajemen s1.  pengabdian lainnya mengajar diu paket C negeri skb wulawarman, dan PKBM Melati sekolah swasta di pekapuran.

Published

2022-03-07

How to Cite

Desy, H., & Rosaria Santi, I. (2022). ANALISIS BAHASA LISAN DALAM PELAYANAN SURAT MENYURAT KAPAL DI KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN K.S.O.P (KELAS 1) BANJARMASIN. Pena Jangkar, 1(2), 6–16. https://doi.org/10.54315/jpj.v1i2.20

Issue

Section

Articles