IMPLEMENTASI APLIKASI BERBASIS BUDAYA LITERASI DIGITAL LAHAN BASAH DALAM PEMBELAJARAN KONSEP SISTEM PERTAHANAN TUBUH

Authors

  • Hayatun Nafisyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Bunda Halang
  • Andri Ali Wardhana
  • Akhmad Syahbudin
  • Juhrani
  • Elisa Rosiana

DOI:

https://doi.org/10.54315/pj.v3i2.66

Keywords:

CLDW, Konsep Sistem Pertahanan Tubuh, Hasil Belajar

Abstract

Pendidikan abad ke-21 terdiri dari menggabungkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan pengelolaan TIK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi aplikasi Culture Literacy Digital Wetland (CLDW) dalam pembelajaran konsep sistem pertahanan tubuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pre-Test dan Post-Test dengan Non-Equivalent Control-Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 32 peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 32   peserta didik kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data hasil belajar afektif peserta didik menggunakan uji statistik dengan analisis inferensial, sedangkan proses hasil belajar kognitif proses peserta didik menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan aplikasi CLDW (Culture Literacy Digital Wetland) dalam pembelajaran konsep sistem pertahanan tubuh.

References

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dancreative thinking) untukmenyongsong era abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i-xiii.

Asmawi, A., Syafei, S., & Yamin, M. (2019). Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Ayuningtyas, T., Putra, A. P., & Utami, N. H. (2022). Pengaruh modul digital pada culture literacy digital wetland (CLDW) konsep jamur terhadap keterampilan generik sains siswa. Vidya Karya, 37(1), 9-15.

Chusna, N. L. (2019). Pembelajaran E-learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol. 2, No. 1, pp. 113-117).

Fitriyani, F., & Nugroho, A. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(1), 307-314.

Haryadi, R., & Al Kansaa, H. N. (2021). Pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 68-73.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.

Putra, A. P., & Utami, N. H. (2022). Penggunaan Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Dan Kemandirian Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Biologi. Quantum, 13(2), 271-281.

Safitri, S., Putra, A. P., & Ajizah, A. (2022). Hasil Belajar Dan Keterampilan Generik Sains Pada Penggunaan Culture Literacy Digital Wetland Lkpd Konsep Vertebrata Siswa Kelas X SMA. Journal of Banua Science Education, 2(2), 73-84.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.

Sriyanto, B. (2021). Meningkatkan keterampilan 4c dengan literasi digital di SMP Negeri 1 Sidoharjo. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 125-142.

Widodo, I., & Mukminan, M. (2018). Pengembangan e-learning mata pelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 12-25.

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Nafisyah, H., Bunda Halang, Andri Ali Wardhana, Akhmad Syahbudin, Juhrani, & Elisa Rosiana. (2024). IMPLEMENTASI APLIKASI BERBASIS BUDAYA LITERASI DIGITAL LAHAN BASAH DALAM PEMBELAJARAN KONSEP SISTEM PERTAHANAN TUBUH. Pena Jangkar, 3(2), 16–24. https://doi.org/10.54315/pj.v3i2.66

Issue

Section

Articles