PELAYANAN KAPAL DAN BARANG OLEH AGEN OPERASIONAL PT. HERITAGE BAHTERA MARITIM CABANG BANJARMASIN

Authors

  • Kamsariaty akademi maritim nusantara banjarmasin
  • Akhmad Syahbudin Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin
  • Juhrani Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin

Keywords:

Pelayanan, kapal, agen

Abstract

Pelayanan kapal dan barang oleh agen operasional dalam konteks perkapalan merujuk pada berbagai layanan yang diberikan oleh agen operasional kapal kepada kapal dan barang yang tiba atau berangkat dari pelabuhan. Agen operasional kapal adalah perusahaan atau individu yang bertindak sebagai perwakilan atau perantara antara kapal, pemilik kapal, dan berbagai pihak terkait di Pelabuhan . Tujuan utama dari agen operasional kapal adalah memastikan proses operasional kapal berjalan lancar, efisien, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Metode Observasi merupakan langkah pengamatan yang dilakukan dengan mengamati kejadian sehari-hari atau yang ada disekitar dan mengangkat masalah tersebut sebagai objek penelitian Hal penting dalam observasi adalah mencatat hasilnya, beberapa dari bidang observasi memerlukan pencatatan secara detail dan harus siap dalam melakukan pencatatan. Hasil dari observasi pelayanan kapal dan barang oleh agen operasional di PT. Heritage Bahtera Maritim harus di catat dan dijelaskan secara detail.

Simpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil Praktek Kerja Lapangan Proyek Darat (PKL – PRODA), berikut adalah kesimpulannya: Proses atau tahapan dalam pelayanan kapal dan barang oleh agen operasional:Pemberitahuan kedatangan kapal;, Pemeriksaan kapal dan dokumen kapal;, Pembongkaran amonium nitrat;, Biaya atau tarif jasa pelayanan kapal di Pelabuhan, Jasa pelayanan air bersih, dan Prosedur keberangkatan kapal.

Abstract

 

           Ship and goods services by operational agents in the context of shipping refer to various services provided by ship operational agents to ships and goods arriving at or departing from the port. Ship operational agents are companies or individuals who act as representatives or intermediaries between ships, ship owners and various related parties at the port. The main objective of a ship operational agent is to ensure that the ship operational process runs smoothly, efficiently and in accordance with applicable regulations.

         The Observation Method is an observation step that is carried out by observing daily events or those around you and raising the problem as an object of research. The important thing in observation is recording the results, some areas of observation require detailed recording and you must be ready to record them. Results from observations of ship and goods services by operational agents at PT. Maritime Ark Heritage must be recorded and explained in detail.

         Conclusions that can be drawn based on the results of Land Project Field Work Practices (PKL – PRODA), are as follows: Process or stages in ship and goods service by operational agents: Notification of ship arrival;, Inspection of ships and ship documents;, Unloading of ammonium nitrate;, Costs or rates for ship services at the port, clean water services, and ship departure procedures.

 

References

Instruksi Presiden No.5 Tahun 2005 Tentang Pemberdayaan Industri Pelayaran Nasional Presiden Republik Indonesia.

Keputusan Menteri Perhubungan No. KM.88/ AL.305/Phb-85 Tahun 2012 Tentang Perusahaan Bongkar Muat Barang dari dan ke kapal.

Keputusan Menteri Perhubungan No.KM 24 Tahun 2002 Tentang Penyelenggaraan Pemanduan Menteri Perhubungan.

Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (“KUHD”) 111-118 Tentang Pengantar Hukum Dagang.

KM 65 Tahun 1994 Tentang Keputusan Presiden Republik Indonesia dalam Perubahan Keputusan Presiden Nomor 30 Tahun 1986 Fasilitas Pendukung Kegiatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Loina (2001) Tentang Hubungan Pelayanan Masyarakat dan Membina Hubungan Baik Dengan Masyarakat, Jakarta : Bumi Aksara Penerbit PPM.

Moenir (1992) Cetakan Ketigabelas Tentang Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta : PT. Rineka. Arikunto, S. 2008.

Sutama (2016) Tentang Metode Penelitian Pendidikan, Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.

Sutrisno (2016) Tentang Jenis Amonium Nitrat, Bandung : PT. Citra Aditya Bakti, 1994.

Downloads

Published

2024-09-02

How to Cite

Kamsariaty, Akhmad Syahbudin, & Juhrani. (2024). PELAYANAN KAPAL DAN BARANG OLEH AGEN OPERASIONAL PT. HERITAGE BAHTERA MARITIM CABANG BANJARMASIN. Pena Jangkar, 4(1), 8–15. Retrieved from https://jurnal.amnus-bjm.ac.id/pena-jangkar/article/view/139

Issue

Section

Articles