SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PSIKOMOTORIK MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS BUDAYA LITERASI DIGITAL LAHAN BASAH (CLDW) MATERI PEMANASAN GLOBAL

Authors

  • Inayatul Wahdaniyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Nurul Hidyati Utami Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Kamsariaty Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin
  • Hidayati Desy Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin
  • Irnita Rosaria Santi Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.54315/pj.v3i2.69

Keywords:

PBL, Pemanasan Global, Sikap Tanggung Jawab, psikomotorik.

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat menjadikan pembelajaran di kelas efektif, efisien dan membantu meningkatkan pemahaman peserta didik agar tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan implementasi model PBL pada materi pemanasan global terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik dan (2) mendeskripsikan implementasi model PBL pada materi pemanasan global terhadap sikap tanggung jawab peserta didik. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian the non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini sebanyak 66 orang peserta didik yang dibagi ke dalam 2 kelas yaitu X E sebagai kelas kontrol dan X F sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) implementasi model PBL pada materi pemanasan global terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik dalam kategori tinggi dan (2) implementasi model PBL pada materi pemanasan global terhadap sikap tanggung jawab peserta didik kategori tinggi.

References

Dalle, J., Raisinghani, M. S., Putra, A. P., Suriansyah, A., Hadi, S., & Sahara, B. (2021). A technology acceptance case of Indonesian senior school teachers: Effect of facilitating learning environment and learning through experimentation. International Journal of Online Pedagogy and Course Design (IJOPCD), 11(4), 45-60.

Fİrdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenurİ, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Peserta didik. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 187-200.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan eksperimen-kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187-203.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan e-learnİng sebagai medİa pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 10(1).

Ilyasa, R. G. R. (2021). Hubungan Keterampilan Generik Sains Terhadap Hasil Belajar Peserta Didİk Pada Sub Konsep Pencemaran Lİngkungan (Studi Korelasi Di Kelas X Mipa Sma Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). (Doctoral dissertation, Universitas Silİwangi).

Isnawan, M. G. (2020). C. Lombok : Nashir Al Kutub Indonesia

Lutfİah, W., Anisa, A., & Hambalİ, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasİl Belajar Biologi. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2092-2098.

Oktaviani, C., Nurmalah, C., & Mahidin, M. (2019). Upaya Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik Melaluİ Implementasi Problem Based Learning. Jurnal Serambi Ilmu, 20(2), 202-216.

Putra, A. P., Suyidno, S., Utamİ, N. H., Fahmi, F., & Prahani, B. K. (2023). Development of STEM Learning Based on Riverbanks Local Wisdom. In E3S Web of Conferences (Vol. 400, p. 02001).

Putra, A. P., Kaspul., & Utamİ, N. H. (2022). Implementasi CLDW peningkatan keterampilan generik sains pada pembelajaran biologi di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 7(2), 238-242

Putra, A. P., & Utami, N. H. (2022). Penggunaan Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Dan Kemandirian Peserta Didik Kelas X Pada Pembelajaran Biologi. QUANTUM, 13(2), 271-281.

Septaria, K., Dewanti, B. A., & Habibbulloh, M. (2019). Implementasİ Metode Pembelajaran Spot Capturing Pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 27-37

Wulansarİ, B., Hanik, N. R., & Nugroho, A. A. (2019). Penerapan model problem based learning (PBL) disertai mind mappİng untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tawangsari. Journal of Biology Learning, 1(1), 47-52

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Wahdaniyah, I., Nurul Hidyati Utami, Kamsariaty, Hidayati Desy, & Irnita Rosaria Santi. (2024). SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PSIKOMOTORIK MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS BUDAYA LITERASI DIGITAL LAHAN BASAH (CLDW) MATERI PEMANASAN GLOBAL . Pena Jangkar, 3(2), 25–33. https://doi.org/10.54315/pj.v3i2.69

Issue

Section

Articles