RANAH AFEKTIF DAN RESPON PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI APLIKASI BUDAYA LITERASI DIGITAL LAHAN BASAH (CLDW) PADA PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Authors

  • Asyifa Fauzia Universitas Lambung Mangkurat
  • Moch. Nurdin
  • Kaspul
  • Edision
  • Hadiansyah

DOI:

https://doi.org/10.54315/pj.v3i2.67

Keywords:

Culture literacy digital wetland, Hasil belajar afektif, Konsep sistem reproduksi manusia, Problem based learning

Abstract

Penerapan model belajar yang sesuai dengan media pendukung dapat membantu meningkatkan pemahaman peserta didik agar tercapainya tujuan pembelajaran. Mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Culture Literacy Digital Wetland (CLDW) terhadap hasil belajar afektif peserta didik serta mendeskripsikan respon peserta didik kelas XI MIPA pada konsep Sistem Reproduksi Manusia dengan penerapan model PBL berbasis CLDW merupakan tujuan dari penelitian ini. Subjek penelitian sebanyak 64 orang peserta didik yang dibagi dalam dua kelas yaitu kelas kontrol (XI MIPA 1) dan kelas eksperimen (XI MIPA 4) dengan Quasi Experiment sebagai metodenya. Pre-Test and Post-Test with Non-Equivalent Control-Group Design merupakan desain yang digunakan dalam  penelitian ini. Nilai pre-test dan post-test yang merupakan hasil belajar afektif peserta didik dianalisis menggunakan SPSS, sedangkan respon peserta didik secara deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. CLDW adalah media pendukung pembelajaran sama halnya dengan E-learning. Berdasarkan hasil penelitian, uji hipotesis menyatakan bahwa model PBL berbasis CLDW berpengaruh terhadap hasil belajar afektif peserta didik dengan Sig. sebesar 0,000<0,05 serta rata-rata persentase respon peserta didik sebesar 79,70% yang berarti peserta didik setuju bahwa penerapan model PBL berbasis CLDW pada konsep Sistem Reproduksi Manusia dapat mendukung pembelajaran mereka.

References

Asiyah, A., Topano, A., & Walid, A. (2021). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 717-727.

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota Stabat. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 1(2), 109116.

Dewi, C. A., & Hamid, A. (2015). Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Keterampilan Generik Sains dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Minyak Bumi. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(2), 294-301.

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).

Hasan, R., & Syatriandi, B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA/MA Negeri 06 Kota Bengkulu. In Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS (Vol. 3).

Ipan, Ripandani. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Flash Card Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK PGRI 1 Cimahi. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Koryati, D., Amrina, D. E., Fatimah, S., & Pratita, D. (2020). Menerapkan Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Ekonomi Peserta Didik. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 7(1), 69-83.

Lestari, A. (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Air untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi. Skripsi, Universitas Pasundan.

Olvah, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi Adaptasi Tumbuhan Melalui Penggunaan Multimedia Interaktif. EDUCATION: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 2(2), 244-252.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran dan Pemanfaatan Media Ajar di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125-132.

Putra, A. P., & Utami, N. H. (2022). Penggunaan Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Dan Kemandirian Peserta Didik Kelas X Pada Pembelajaran Biologi. QUANTUM, 13(2), 271-281.

Putra, A. P., Kaspul., & Utami, N. H. (2022). Implementasi CLDW peningkatan keterampilan generik sains pada pembelajaran biologi di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 7, No. 2).

Putra, Aminuddin Prahatama. (2019). Pendidikan Biologi dan Interpreneur (Cet.I). ISBN 978-623-7688- 01-3. Yogyakarta: Phoenix Publisher.

Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: DIVA Press.

Safitri, S., Putra, A. P., & Ajizah, A. (2022). Hasil Belajar dan Keterampilan Generik Sains pada Penggunaan Culture Literacy Digital Wetland LKPD Konsep Vertebrata Peserta Didik Kelas X SMA. Journal of Banua Science Education, 2(2), 73-84.

Sari, P. S., Eko, F. S. S., & Baihaqi, S. L. (2021). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Model Flipped Learning untuk Meningkatkan 6C For HOTS Mahasiswa PGSD UMSU. Jurnal Basicedu, 5(5), 3460-3471.

Solin, J. H. B., Putra, A. P., & Hardiansyah, H. (2022). Pengaruh Lkpd Berbasis Culture Literacy Digital Wetland (CLDW) Pada Konsep Perubahan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA. Journal of Banua Science Education, 3(1), 9-15.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi, 6(1), 111-120.

Zulfikar, F. (2018). Model Pembelajaran Studi Kasus untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa dan Respon Siswa. Prosiding Seminar Nasional PPKn.

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Fauzia, A., Moch. Nurdin, Kaspul, Edision, & Hadiansyah. (2024). RANAH AFEKTIF DAN RESPON PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI APLIKASI BUDAYA LITERASI DIGITAL LAHAN BASAH (CLDW) PADA PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Pena Jangkar, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.54315/pj.v3i2.67

Issue

Section

Articles