MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BUDAYA LITERASI DIGITAL LAHAN BANTARAN SUNGAI PADA KONSEP SISTEM KOORDINASI MANUSIA TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK

Authors

  • Khairunisa Khairunisa Universitas Lambung Mangkurat
  • Amalia Rezeki Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Firdaus Suwestian Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin
  • David Bastian Sihombing Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin
  • Veby Senopati Silam Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin
  • Fathulliansyah Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.54315/pj.v3i2.65

Keywords:

PBL, CLDW, Konsep sistem koordinasi manusia, Keterampilan memecahkan masalah, Hasil belajar psikomotorik

Abstract

Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik untuk belajar. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain penelitian Pre-Test and Post-Test with Non-Equivalent Control-Group Design. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh model PBL berbasis CLDW pada konsep sistem koordinasi dapat meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan hasil belajar psikomotorik. Culture Literacy Digital Wetland merupakan salah satu media aplikasi dalam pembelajaran dengan mengakses perangkat pembelajaran pada E-learning. Teknik analisis data menggunakan SPSS yang diperoleh dari hasil pre-test, post-test dan video wawancara peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data keterampilan memecahkan masalah peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 23,04% dengan nilai terkoreksi sebesar 42,28 pada kelas kontrol dan peningkatan sebesar 32,72% dengan nilai terkoreksi sebesar 66,07 pada kelas eksperimen. Hasil belajar psikomotorik mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 22,29% dengan nilai terkoreksi sebesar 89,19 pada kelas kontrol dan peningkatan sebesar 24,32% dengan nilai terkoreksi sebesar 97,29 pada kelas eksperimen.

References

Amintarti, S., Ajizah, A., & Utami, N. H. (2018). The Identification of Scientific Atitude on Biology Education Departement in Plant Botany I.

Arends, R.I. (2008). Learning to Teaching. Terjemahan oleh Helly P.S. dan Sri Mulyantini S. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hairunnisa. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mia Sman 12 Banjarmasin Pada Konsep Sistem Koordinasi. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat: Banjarmasin.

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 10(1).

Moallem, M., Hung, W., & Dabbagh, N. (Eds.). (2019). Buku pegangan Wiley tentang pembelajaran berbasis masalah.

Nuramin, N. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Fokus Bahasa Indonesia Tema Tubuhku Materi Membaca Permulaan Dengan Metode Silaba Pada Siswa Kelas I SDN Pringgarata Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(1).

Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Nur, M. D. (2021). Analisis Kurikulum 2013. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 484-493.

Putra, A. P., Suyidno, S., Utami, N.H., & Fahmi, F. (2021). Pembelajaran STEM Berbasis Kearifan Lokal Di Bantaran Sungai Barito. Repository Universitas Lambung Mangkurat.

Putra, A. P., & Utami, N. H. (2022). Implementasi Cldw Peningkatan Keterampilan Generik Sains Pada Pembelajaran Biologi Di Sma. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 7(April), 238–242.

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60-64.

Setiawan, Adib Rifqi & Koimah. (2019). Efffective learning and teaching. Thesis Commons. DOI: https://doi.org/10.31237/osf.io/p42nx.

Setiawan, A. R. (2019). Efektivitas pembelajaran biologi berorientasi literasi saintifik. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 83-94.

Shute, V. J., & Rahmi, S. (2017). Review of computer-based assessment for learning in elementary and secondary education. Journal of Computer Assisted Learning, 33(1), 1-9. doi : 10.1111/ j.cal.12172.

Yustina, M. S., & Putra, R. A. (2022). Buku Referensi Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Melalui Blended Learning. Penerbit Lakeish.

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Khairunisa, K., Amalia Rezeki, Firdaus Suwestian, David Bastian Sihombing, Veby Senopati Silam, & Fathulliansyah. (2024). MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BUDAYA LITERASI DIGITAL LAHAN BANTARAN SUNGAI PADA KONSEP SISTEM KOORDINASI MANUSIA TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK. Pena Jangkar, 3(2), 34–46. https://doi.org/10.54315/pj.v3i2.65

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)