PERAN DOSEN DALAM MEMBANGUN KESADARAN SALAT LIMA WAKTU TARUNA AKADEMI MARITIM NUSANTARA BANJARMASIN

Authors

  • Akhmad Syahbudin Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin
  • Noor Fathulliansyah AKADEMI MARITIM NUSANTARA BANJARMASIN
  • Andri Ali Wardhana AKADEMI MARITIM NUSANTARA BANJARMASIN

DOI:

https://doi.org/10.54315/jpj.v2i1.28

Keywords:

Peran, Kesadaran, Salat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dosen Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin dalam membangun kesadaran salat lima waktu meliputi: bimbingan, keteladanan dan motivasi, serta mengetahui Faktor pendukung dan penghambat dalam membangun kesadaran salat lima waktu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deksriptif. Subjek penelitian adalah 2 orang dosen (latarbelakang Pendidikan S2 Pendidikan Agama Islam) dan 2 orang dosen penasehat akademik. Adapun objek dalam penelitian ini adalah peran dosen dalam membangun kesadaran salat lima waktu meliputi: bimbingan, keteladanan dan motivasi. serta faktor pendukung dan penghambatnya.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran dosen sudah baik seperti yang diharapkan seperti halnya: (1) Dosen sebagai pembimbing. (2) Dosen sebagai teladan. (3) Dosen sebagai motivator. Faktor pendukung yaitu kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan kegiatan sudah tersedianya fasilitas kampus yang memadai untuk salat berjamaah. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya partisipasi dan pengawasan orang tua sehingga menyerahkan semuanya ke kampus.

Published

2022-09-05

How to Cite

Syahbudin, A., Fathulliansyah, N., & Wardhana, A. A. (2022). PERAN DOSEN DALAM MEMBANGUN KESADARAN SALAT LIMA WAKTU TARUNA AKADEMI MARITIM NUSANTARA BANJARMASIN. Pena Jangkar, 2(1), 12–20. https://doi.org/10.54315/jpj.v2i1.28

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)