PELAKSANAAN KEGIATAN PENGAJIAN RUTIN KEAGAMAAN DALAM MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN KEIMANAN PONDOK PESANTREN AR-ROYAN

Authors

  • Noor Fathulliansyah Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin
  • David Bastian Sihombing Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin
  • Veby Senopati Silam Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin

Keywords:

Pengajian, Keimanan, Pondok Pesantren Ar-royan

Abstract

Pengajian dapat diartikan proses menuju kepada pembagian masyarakat melalui jalur agama. Bimbingan kepada masyarakat ini bisa dikatakan dakwah karena dakwah merupakan usaha meningkatkan pemahaman keagamaan untuk mengubah pandangan hidup, sikap batin, dan perilaku umat yang tidak sesuai dengan ajaran Islam menjadi sesuai dengan tuntunan syariat untuk memperoleh kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Jadi peranan secara fungsional adalah mengokohkan landasan hidup manusia Indonesia pada khususnya di bidang mental spritual keagamaan Islam dalam rangka meningkatkan kualitas hidupnya secara intergal, lahiriyah dan batiniyahnya, duniawiyah bersama. Sesuai tuntunan ajaran agama Islam yaitu iman dan taqwa yang melandasi kehidupan duniawi dalam segala bidang kegiatannya.

                Kegiatan Pelaksanaan pengajian rutin keagamaan dalam membangun dan mengembangkan keimanan pondok pesnatren Ar-royan dilaksanakan di Aula Pesanren Ar-royan, dengan m,emersiapkan kegiatan rutin yang dilaksanakan dan dipersiapkan oleh panitia tersebut dan tentunya juga dihadiri oleh masyarakat sekitar pada Pengajian Rutin tersebut, yang terjadwal setiap Hari Senin Sore hingga Malam disambung adanya Ceramah setelah pengajian terlaksanakan.

Hasil Pelaksanaan kegiatan  pengajian rutin keagamaan dalam membangun dan mengembangkan keimanan pondok pesantren Ar-royan. Sebagai salah satu pengabdian kepada masyarakat tentang penyampaian ilmu agama sebagai salah satu pedoman utama dalam menjalani sebuah kehidupan, dengan demikian baik pondok pesantren dan masyarakat sekitar juga dapat bergabung dalam menambah ilmu yang mana setiap pertemuan dengan judul yang berbeda-beda, tentunya menambah lebih pengetahuan agama yang didapat setelah kegiatan  pengajian rutin di saksikan.

 

Downloads

Published

04-10-2024

How to Cite

Fathulliansyah, N., David Bastian Sihombing, & Veby Senopati Silam. (2024). PELAKSANAAN KEGIATAN PENGAJIAN RUTIN KEAGAMAAN DALAM MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN KEIMANAN PONDOK PESANTREN AR-ROYAN. Balanting, 3(1), 25–29. Retrieved from https://jurnal.amnus-bjm.ac.id/balanting/article/view/144